KEMANG BERBAGI Episode 2 : SMA NEGERI 1 SUKATANI GELAR JUM’AT BERBAGI


HUMAS SMAN 1 SUKATANI – Jum’at ( 11/03/2022 ) – Keluarga besar SMA Negeri 1 Sukatani menggelar Jum’at Berbagi di lingkungan sekolah.  Aksi gelar Jum’at Berbagi sebagai kelanjutan episode-episode program Kemang Berbagi yang dilaunching pada hari Jum’at 04 Maret 2022 malam.

“Keluarga besar SMA Negeri 1 Sukatani menggelar Jum’at Berbagi sebagai kegiatan yang bertujuan dari, oleh dan untuk kita sekaligus sebagai tempat pembentukan karakter peserta didik,” hal ini disampaikan oleh kepala sekolah SMA Negeri 1 Sukatani Ibu Munah Widiawati,S.Pd,M.Pd, mengutip keterangan yang dihimpun Tim Mading OSIS SMAN 1 Sukatani, Jum’at (11/03/2022 )

Lebih lanjut ibu kepala sekolah mengharapkan kegiatan ini dapat berjalan terus sebagai upaya menumbuhkan karakter-karakter yang peduli terhadap sesama, khususnya siswa-siswi SMA Negeri 1 Sukatani. “Senada dengan harapan ibu kepala sekolah, dari kalangan guru, berharap  kegiatan ini dapat berjalan terus karena sangat membantu bagi warga sekolah, khususnya siswa-siswi yang sebelum pembelajaran belum makan, bisa mengambil secara gratis makanan yang sudah disediakan,” ujar bapak Ma’mun Nawawi mengutip kerrangan yang dihimpun  Tim Mading OSIS SMA Negeri 1 Sukatani.

Sedikit gambaran dari Kegiatan Jum’at Berbagi yang dihimpun tim redaksi Humas SMA Negeri 1 Sukatani.”Jumat Berbagi  yang dilaksanakan setiap hari Jumat merupakan hari  istimewa. Hari Jumat adalah hari setiap amal kebaikan dilipatgandakan. Dalam hadits riwayat Ath-Thabrani dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda,"Pada hari Jumat, kebaikan dilipatgandakan."

Untuk itu, umat Islam bisa melakukan amalan apa saja yang bisa mendatangkan pahala dengan berbuat baik kepada orang lain, tersenyum, berdoa, hingga bersedekah.Banyak sekali orang yang berlomba-lomba berbuat kebaikan terutama di hari Jumat. Banyak orang yang berbagi makanan dengan istilah Jumat Berkah, hal ini menjadi salah satu kegiatan baik yang kini tengah banyak dilakukan orang.

Bersedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Baik melalui memberikan infaq berupa uang, memberikan makanan kepada orang atau bahkan hanya melemparkan senyum saja sudah dianggap sebagai sedekah.

Jum’at Berbagi merupakan suatu kegiatan saling berbagi, bentuknya berbagi makanan dan bisa juga infaq dalam bentuk uang. Kegiatan Jum’at Berbagi dapat dilakukan oleh semua warga sekolah di SMA Negeri  1 Sukatani. Warga sekolah dapat menyimpan makanan di etalase yang telah disediakan oleh sekolah. Makanan yang tersedia bisa diambil oleh semua warga sekolah.

Kegiatan ini sangat bermanfaat dan memberikan banyak dampak positif. Kegiat dan diharapkan dapat dijadikan pembelajaran bagi siswa khususnya untuk pembentukan karakter siswa. Pendidikan karakter siswa bisa dikembangkan lewat kegiatan Jum’at Berbagi. karena siswa dapat melihat kegiatan positif secara langsung yaitu kegiatan saling berbagi makanan..

Kegiatan ini mudah-mudahan dapat dilaksanakan secara intens. Insyaallah semua warga SMA Negeri 1 Sukatani dapat memperoleh manfaat dari kegiatan Kemang berbagi ini.***

Salam Kemang Berbagi : Peduli, Simpati dan Empati

***Penulis Humas SMAN 1 Sukatani

Penulis : Administrator | Terbit : 2022-03-11 | Dibaca : 607

Website ini dikelola oleh CLIMBERNET